"SATUGURU" Jadilah Guru Yang Bersatu Untuk Maju dan Mengajar Itu Menyenangkan



Penulis : Bagus Yuli Setyawan,ST

Bismillah...

Salam "SATUGURU" , 

Entah kenapa kata-kata itu yang terbersit ketika saya akan memulai tulisan ini. Rasanya ada harapan besar dalam kata tersebut bahwa salam ini akan sampai kepada seluruh Guru di Indonesia sebagai ucapan terhangat menyambut HARI GURU NASIONAL. 

Selamat Hari Guru Nasional Bapak dan Ibu Guru. Semoga kita semua selalu menajdi guru penuh dedikasi dan integritas tinggi untuk menjadikan generasi bangsa yang berkualitas dan berakhlaq mulia, aamiin.


Selanjutnya... Spesial melalui hari ulang tahun Komunitas Sejuta Guru Ngeblog (KSGN) yang kesepuluh ini saya akan mencoba menjabarkan mengenai pengalaman dan perasaan saya selama menjadi guru.

Mengajar buat saya adalah sesuatu yang sangat menyenangkan, penuh tantangan, dan membutuhkan kemampuan untuk beradaptasi dengan baik.

Kenapa menyenangkan ?

Hal yang paling saya sukai ketika mengajar adalah ketika kita sebagai guru harus memiliki kemampuan untuk membaca karakter setiap peserta didik. Dan ini tidak mudah ketika saya mengajar di awal-awal menjadi seorang guru. 
Tetapi sepanjang perjalanan waktu , dari pengalaman itu mengajarkan saya banyak hal dalam mengenal karakter dan emosi setiap peserta didik. 

Kemudian hal menyenangkan selanjutnya yang saya rasakan adalah adanya rasa kepuasan dan kebahagiaan tersendiri ketika ilmu yang kita sampaikan dapat diterima dengan baik, bahkan hingga dapat di aplikasikan ketika mereka berada di lingkungan masyarakat.

Baik, saya akan coba ceritakan sedikit mengenai pengalaman saya untuk menggambarkan betapa menyenangkannya mengajar.

Sekedar informasi tambahan saja, saya adalah seorang guru TIK/RPL yang sudah mengajar kurang lebih 10 tahun.

Ketika itu saya masih mengajar di salah satu madrasah aliyah. Waktu itu saya berfikir bagaimana membuat Sekolah berbasis Agama mempu bersaing dengan maraknya pembangunan SMK  dimana-mana. 

Akhirnya saya coba bangun sebuah komunitas IT yang saya bari nama TIKOM COMMUNITY. Waktu itu saya coba konsultasi dengan Om Jay ( Bpk Wijaya Kusuma ) mengenai penggunaan logo KOGTIK sebagai dasar logo kami, dengan alasan komunitas kami masih dalam ruang lingkup IT dan sejalan dengan visi misi yang dimiliki oleh KOGTIK. Alhamdulillah permintaan disetujui dengan baik oleh om jay dan akhirnya terciptalah logo TIKOM COMMUNITY yang bisa kita saksikan berikut ini .








Melalui komunitas ini saya kumpulkan anak-anak yang memiliki minat di bidang IT. Tujuannya adalah Ilmu yang nanti saya berikan kepada mereka , pada akhirnya akan mempu dibagikan kepada rekan-rekan mereka di kelas masing-masing. Sehingga ilmu akan merata lambat laun menjangkau semua elemen. Alhamdulillah Tujuan itu manjadi kenyataan dengan mencapai puncaknya pada dua buah program nyata :

1. Di-syahkan-nya Program Pengabdian Masyarakat ( PRODIMA )
 
Melalui program ini, Madrasah akan mampu bersaing dengan SMK, karena disini kita mewajibkan peserta didik kelas xii khususnya untuk melakukan Pengabdian kepada masyarakat setelah mereka menimba ilmu selama 3 tahun. Sudah saatnya mereka terjun kelapangan untuk mengimplementasikan ilmu yang telah di dapat.

Kegiatan PRODIMA dibagi kedalam 2 jalur :

a. Jalur Pendidikan
Pengabdian Masyarakat dilakuka di Instansi Pendidikan seperti Pesantren, Sekolah-sekolah , khusus peserta didik yang memiliki potensi dibidang keagamaan

b. Jalur Instansi / Kantor / Perusahaan
Pengabdian Masyarakat dilakukan di instansi Pemerintahan atau perusahaan terdekat. Misalnya Desa/Kelurahan, KUA , PLN, Telkom,dll. Khusus mereka yang memiliki kompetensi dibidang IT.

Sebagai bukti dokumentasinya saya coba sampaikan foto kegiatan selama PRODIMA  berikut ini :



PRODIMA DI KUA RAJAMANDALA OLEH ANAK-ANAK TIKOM COMMUNITY



PRODIMA DI SD OLEH ANAK-ANAK JURUSAN KEAGAMAAN



2. Program TIKOM COMMUNITY "ROAD TO SCHOOL"

Program ini merupakan Agenda Internal dari komunitas Tikom Community itu sendiri yang dilakukan sebagai media promosi tahunan. Disini kita mengadakan Pelatihan Perakitan PC untuk tingkat SMP/MTs se kecamatan Cipatat. Alhamdulillah ini juga berjalan dengan baik dan lancar serta penuh dukungan dari semua pihak.

Berikut Dokumentasi Foto Kegiatannya :






Dari sini kita belajar, bahwa rasa senang kita ketika mengajar kepada peserta didik, akan berimbas kepada cara mereka ketika mengajarkan kembali kepada masyarakat. 
Jika kita menunjukan rasa senang dan bahagia ketika mengajar, insya ALLOH hati mereka pun akan merasa senang ketika mereka belajar bersama kita.

Mengajar itu Menyenangkan jika dilakukan dengan hati. Melakukan sebuah perubahan besar selalu dilakukan dari perubahan - perubahan kecil. Yang terpenting adalah action. Berproseslah dengan jujur dan sepenuh hati.  Libatkan ALLOH dalam setiap niat ibadah yang kita lakukan sebagai seorang guru atau pendidik. Insya ALLOH Mengajar akan menjadi sesuatu yang sangat menyenangkan.

Bapak/Ibu guru , mari kita bersatu untuk menjadikan  Pendidikan di Indonesia Lebih Baik dan Berkualitas. 


Selamat Hari Guru Nasional
Selamat hari ulang tahun Komunitas Sejuta Guru Ngeblog (KSGN)

Salam "SATUGURU"

Komentar

  1. Bangga sekali bacanya mr,bangga pernah di bimbing oleh guru seperti mr,terlebih bangga sekali menjadi bagian deri TIKOM COMMUNITY. Masyaallah tabarakallah😇🤗

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin.. Bangga juga Ana dan TIKOM pernah memiliki Anggota dan Pengurus Seperti "ANDA" .... Yanti Jannati...

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

KERUCUT PENGALAM EDGAR DALE